Tips Memulai Bisnis dengan Kursus Jualan Online

Jualan online merupakan salah satu bentuk bisnis yang saat ini sedang banyak diminati. Jualan online lebih dinilai lebih efektif karena dapat dijalankan secara fleksibel. Beberapa orang bahkan mengikuti kursus jualan online untuk bisa memulai bisnis digital ini.

Bisnis onlinejauh lebih menguntungkan dibandingkan sistem jualan secara konvensional. Mengapa demikian? Sebab jualan online tidak membutuhkan lapak atau tempat untuk memasarkan dagangan. Anda cukup memanfaatkan media sosial seperti instagram, facebook, serta marketplace untuk memasrkan produk yang dijual

Jika anda berminat untuk jualan online, berikut tips yang perlu diperhatikan dalam memulainya:

  • Tentukan produk yang akan dijual

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum anda memulai jualan adalah menentukan produk yang akan dijual. Ingat jualan online memiliki resiko dalam proses pengiriman, terutama untuk-barang-barang yang sifatnya pecah belah.

Pertimbangkan apakah nantinya barang yang akan dijual bisa aman hingga sampai ke tangan konsumen. Namun jika anda tidak ingin menanggung resiko, pilihlah produk jualan yang pasti aman, seperti baju, makanan ringan dan lain sebagainya.

  • Foto produk semenarik mungkin

Karena anda menjual produk dengan sistem online, maka usahakan foto produk tersebut semenarik mungkin. Dengan foto yang menarik, tentunya para konsumen akan lebih tertarik pada produk yang anda jual.

Anda bisa mengikuti kursus jualan online dan mencari referensi agar foto yang dihasilkan menarik. Pastikan anda mengambil foto dengan memfokuskannya pada produk yang akan dijual.

  • Perhatikan kualitas produk

Jualan secara online artinya para calon pembeli hanya dapat melihat produk yang anda jual melalui foto dan keterangan saja. Oleh karena itu pastikan produk benar-benar memiliki kualitas yang baik. Karena anda harus menjaga kepercayaan para konsumen agar mereka selalu setia dengan produk  anda.

  • Tentukan platform penjualan produk

Jangan lupa tentukan platform apa saja yang akan menjadi lapak anda untuk berjualan. Ini menjadi penting karena akan mempengaruhi strategi marketing yang akan digunakan.

Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsaap maupun marketplace seperti Lazada, Shopee, dan masih banyak lagi.