Strategi Bergabung dengan Franchise Modal Terbatas

Strategi Bergabung dengan Franchise Modal TerbatasBisnis franchise merupakan salah satu jenis usaha yang memudahkan dua pihak. Baik pewaralaba maupun yang bergabung di dalamnya sama-sama diuntungkan. Pewaralaba akan mendapatkan peluang brand dan omsetnya lebih dikenal dan besar dengan banyaknya orang untuk bergabung.

Sementara bagi yang bergabung dengan franchise juga akan mendapatkan sejumlah kemudahan. Misalnya dalam promosi, membangun SOP, hingga mengoperasikan bisnis yang sudah terstandar secara baik.

Banyak yang mengira bisnis franchise hanya cocok untuk pemodal besar saja. Padahal dengan modal terbatas, bergabung dengan waralaba bukanlah hal mustahil. Hanya saja karena modalnya terbatas anda mesti jeli dalam memanfaatkan berbagai peluang secara detail.

Selain itu menyusun strategi yang tepat juga wajib anda jalankan. Banyak cara agar franchise modal terbatas ini mampu berkembang pesat. Berikut ulasan selengkapnya untuk strategi bisnis franchise modal terbatas.

Strategi Memulai Bisnis Franchise Modal Terbatas

  1. Sesuaikan dengan kemampuan

Pilihan bisnis franchise semakin beragam. Tak hanya kuliner. Kecantikan, ekspedisi, bahkan barber shop sudah banyak yang bersistem waralaba. Maka dari itu sesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda dalam menjalankannya.

Dengan kemampuan yang sesuai, menjalankan bisnis pun terasa lebih mudah. Anda jauh lebih paham bagaimana mengelola bisnis tersebut dan tahu standar kualitas yang baik. Maka awalilah dengan mengenali kemampuan dan minat anda.

  1. Pilih produk dengan segmen menengah ke bawah

Tak hanya menyesuaikan kemampuan. anda pun mesti peduli dengan minat pasarnya. Jika bisnis dimulai dengan modal terbatas sementara anda menginginkannya agar cepat laku, cobalah sasar pasar menengah ke bawah.

Potensi penjualannya lebih besar karena menjangkau seluruh kalangan. Anda pun tak akan kesulitan mencari konsumen. Lakukan riset pasar terlebih dulu untuk memantapkan pemilihan franchise-nya.

  1. Utamakan produk yang tingkat konsumsinya tinggi

Cari tahu juga jenis produk apa yang memiliki tingkat konsumsi tinggi. Semakin tinggi tingkat konsumsi maka semakin besar peluangnya untuk berkembang. Penjualan pun akan lebih tinggi karena permintaannya yang besar.

Riset pasar sangat diperlukan untuk tahu jenis produk apa yang konsumsinya tinggi. Setelah berhasil menemukan jenis produknya baru memilih pewaralaba yang tepat.

  1. Pilih merk franchise yang memiliki citra bagus

Agar bisnis mudah berkembang, sebaiknya bergabunglah dengan franchise yang sudah memiliki citra bagus. Anda pun tidak perlu repot melakukan branding lagi. Publik yang sudah percaya dengan kualitas brand tersebut akan menguntungkan anda.

Anda bisa melakukan riset secara online untuk mengenal franchise tersebut. Cobalah beli atau gunakan jasa untuk pribadi dan nilai bagaimana kualitasnya secara langsung.

  1. Pahami ketentuan royalti agar tidak merugi

Kemudian pahami bagaimana ketentuan royaltinya. Setiap franchise memiliki peraturan tersendiri termasuk dalam pembagian royalti. Oleh sebab itu teliti bagaimana perjanjian awal anda bergabung. Skema kerjasama mesti anda nilai secara teliti.

Jangan sampai terpancing dengan harga awal murah namun dari segi skema pembagian royalti atau poin kerjasama lainnya ternyata berantakan. Hal ini akan merugikan dan menyulitkan anda kedepannya.

Itu dia beberapa cara memulai bisnis franchise meskipun modalnya terbatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.