Rahasia Mastah Dalam Menentukan Domain Untuk Toko Online

Rahasia-Mastah-Dalam-Menentukan-Domain-Untuk-Toko-Online

Jika saat ini Anda memiliki toko offline dan menghabiskan beberapa rupiah hanya untuk membayar biaya sewa toko, maka Anda mulai harus berpikir tentang membuat toko online. Anda tidak hanya dapat meningkatkan bisnis Anda, tetapi dengan toko online Anda juga dapat menghemat biaya.

Salah satu keuntungan memiliki eCommerce adalah harganya lebih murah. Sedangkan untuk toko offline fisik, Anda harus membayar beberapa rupiah untuk menyewa hanya satu toko, yaitu toko yang bukan milik pribadi. Dan juga biasanya pemilik akan secara sewenang-wenang menaikkan harga untuk biaya lain seperti uang perawatan, kebersihan dan banyak lagi. Toko fisik juga memerlukan biaya lain untuk membayar karyawan yang menjaga toko dan memastikan produk yang Anda miliki baik-baik saja.

Sedangkan untuk toko online, Anda hanya perlu membayar sekitar 4 juta per tahun untuk “menyewa” toko online yang juga biasanya mencakup domain, hosting, desain, dan lainnya. Untuk masalah desain, semuanya tergantung pada jenis toko online apa yang ingin Anda buat.

Jika Anda seorang dropshipper maka Anda tidak perlu menyimpan banyak stok, dan uang Anda akan dikumpulkan lebih banyak untuk hal-hal lain. Logo toko Anda lebih terjangkau daripada membuat tanda di toko offline. Biaya bisnis Anda umumnya akan lebih murah jika Anda masuk ke toko online.

Olshop telah booming dalam beberapa tahun terakhir, banyak situs olshop bermunculan, ada juga pemain e-commerce besar seperti Lazada, Bhinneka, Matahari Mall, Zalora. Nah, jika Anda sedang belajar bagaimana melakukan bisnis online, terutama membuat toko online, maka saya rasa artikel ini cocok.

Domain itu bisa disebut “hidup” untuk olshop Anda, domain ini adalah alamat yang akan diingat oleh pelanggan kami. Dalam pemilihan nama domain untuk olshop juga tidak jauh berbeda dengan cara memilih domain untuk adsense.

Dalam pemilihan nama domain ini saya membaginya menjadi 2, yaitu menargetkan kata kunci dan menargetkan merek atau nama merek dagang Anda.

Pilih Merek atau Kata Kunci?

Misalnya, jika Anda menargetkan kata kunci, domain yang akan Anda ambil adalah jualtasrajutmurah.com, jika Anda menargetkan kata kunci tas rajut. Tetapi, jika Anda ingin mengembangkan nama merek dagang Anda, Anda dapat menggantinya dengan nama beautyrajut.com atau nama merek lainnya.

Yah, sebagian besar pemain besar yakin akan menggunakan nama merek untuk domain. Misalnya Bhinneka.com, mereka menjual komputer / gadget tetapi nama domain mereka beragam, mengapa? Mengapa tidak menjual komputer saja? Sederhana! Karena manajemen Bhinneka ingin menciptakan merek sehingga pelanggan akan ingat bahwa mereka membeli komputer murah di Bhinneka.com.

Atau, tagline yang terkenal misalnya jika Anda memiliki barang bekas hanya jual di olx.co.id. Nah, nama-nama merek ini akan meninggalkan jejak di benak pelanggan kami. Lain halnya jika kita hanya menargetkan kata kunci, pelanggan akan sulit mengingatnya. Misalnya, Anda akan mengingat nama RocketManagement.com lebih dari Blog Tentang Managing.com kan? Nah, di sinilah pentingnya branding

Nama merek akan sangat kuat jika sudah stabil di masyarakat. Namun, untuk melontarkan nama merek itu susah tidak main. Di mata Google, tentu saja lebih mudah untuk meringkas dengan domain jualtasrajutmurah.com daripada beautyrajut.com, nah disitulah pentingnya belajar SEO.

Apapun nama domain merek Anda, jika telah dioptimalkan dengan SEO, nama itu tidak akan kalah dengan nama domain yang menggunakan kata kunci ini. Terima kasih telah membaca artikel pendek tentang cara memilih nama domain untuk olshop. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi anda yang baru memulai bisnis online.