3 Cara Agar Bisnis Anda Menguasai Pasar Generasi Z

generasi-z

Saat ini di tengah-tengah masyarakat, memang kita akan menemukan banyak Generasi Z. Generasi Z atau Gen Z yang lahir pada tahun 1995 hingga 2010 memang memiliki peran yang cukup dalam masyarakat.

Dengan pengaruh zaman yang begitu kental dengan teknologi, Gen Z memiliki perilaku yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Tidak hanya ketika melakukan kegiatan belajar dan bekerja, mereka juga memiliki prinsip mereka sendiri saat memutuskan pembelian.

Karena memiliki prinsip sendiri dalam keputusan pembelian, maka Anda sebagai pebisnis harus berhati-hati dan memiliki strategi khusus untuk dapat memikat Gen Z. Bagaimana dengan tips dan strateginya?

Eksperimen dengan Channel Pemasaran Baru

Kiat dan strategi bisnis pertama yang dapat Anda jalankan untuk mendapatkan perhatian Gen Z adalah bereksperimen dengan saluran pemasaran baru.

Jika Anda hanya berjuang dengan metode promosi atau pemasaran lama seperti menggunakan brosur, papan iklan atau iklan di surat kabar, maka untuk menghadapi dan menarik Gen Z Anda harus mencoba teknik pemasaran baru di dunia digital.

Generasi Z memang lebih akrab dan akrab dengan dunia digital dan teknologi. Dari sini maka Anda yang ingin mendapatkan perhatian mereka, harus bereksperimen dengan saluran pemasaran baru di dunia digital yang merupakan dunia mereka.

Saluran pemasaran baru yang perlu Anda perhatikan dan mulai sentuh adalah platform media sosial, situs web, dan aplikasi telepon pintar.

Ketiga saluran ini memang platform yang banyak digunakan oleh Generasi Z. Jika diminta untuk memilih salah satu dari tiga platform, Anda dapat fokus pada media sosial yang merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari Gen Z.

Jadi, pastikan Anda mencoba saluran pemasaran baru ini dan belajar bahwa media sosial dapat berkontribusi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sadarilah bagaimana mereka mengkonsumsi media

Selanjutnya, kiat bisnis yang harus Anda jalankan untuk mendapatkan perhatian Gen Z adalah dengan menyadari bahwa mereka adalah kelompok yang suka mengonsumsi media.

Mengkonsumsi media di sini berarti bahwa mereka Z setiap hari memperbarui diri dengan informasi dari berbagai media.

Tetapi konsumsi Gen Z bukanlah media konvensional, tetapi media digital yang diposisikan di internet. Sebut saja YouTube, situs web, media sosial, dan lainnya.

Mereka gen Z dalam mengkonsumsi media ini sehingga dibius. Bahkan hanya sehari mereka melewati media ini maka ada sesuatu yang hilang untuk mereka ketika menjalankan kehidupan.

Ketika dirata-rata, mereka menghabiskan sekitar dua hingga empat jam untuk mengkonsumsi media digital ini setiap media dalam sehari.

Dari besarnya perhatian dan tingkat konsumsi Gen Z pada media digital, maka Anda perlu memperhatikan hal ini dan membuat strategi yang lebih fokus pada media digital ini.

Anda harus memberikan persentase pengeluaran iklan untuk media digital ini. Tetapi karena media digital sekarang sangat beragam, maka Anda harus memastikan yang sesuai dengan merek dan bisnis Anda.

Jadikan Pengalaman Berbelanja Nyaman dan Menyenangkan

Berbelanja memang telah menjadi kegiatan yang dianggap menyenangkan oleh Generasi Z. Meski begitu kegiatan belanja yang menyenangkan untuk Gen Z membuat mereka mampu menghilangkan kebosanan dan stres.

Aktivitas belanja yang menyenangkan yang dirasakan oleh Gen Z itu sendiri adalah karena sekarang ada belanja online yang memanjakan.

Jadi mereka tidak perlu lagi keluar rumah untuk memanaskan dan memiliki kemacetan lalu lintas, karena dengan smartphone mereka dapat melakukan belanja di kamar atau di sofa.

Dari sini, Anda sebagai pengusaha harus dapat membuat pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Anda tidak hanya perlu menjual produk secara online, tetapi Anda juga dapat membuat penjualan di ranah offline sehingga Gen Z yang datang ke toko Anda merasakan kegembiraan.